Kisah Midun

Nama gue susan, Susan ani-ani.  Tapi ga tau darimana rimbanya, gw malah dipanggil midun.  Umur gue  24 tahun , kira2 si, gue ga pinter matematik,makanya ga bisa ngitung umur gue berapa yang pastinya. Waktu sekolah dulu di sekolah kalo ga tidur di kelas, ngobrol di kelas, makan dikelas dan kabur dari kelas. Sukur-sukur gw lulus SMA Inpres di kampung sini, itu juga setelah emak gue anter beras sekarung ke rumah kepala sekolahnya.

Gue tinggal di kampung …, pinggir pantai. Buka mata yang di lihat pasir, merem juga liatnya pasir lagi. Ga heran kalo hidup gue kayak pasir, tabur ga beraturan. Hahahaha.

Panggil aja gue midun, kalo elu sumbing elu bisa panggil gue Mi’un.  Gue tinggal deket pasar. Tapi gue ga suka yang pasaran, termasuk idola. Orang laen demen sama smash, gw lebih demen rhoma irama. Ga tau kenapa, bulu dada nya itu bikin gue gemeteran sendiri. .

———————-

“woy, minjak niku. Bangun! ”

Ya elah, Begini nih yang gue ga suka. Lagi enak2nya nunggu air iler kering, udah disuruh bangun. Sabar ya iler, besok2 kita main ileran lagi ya.

Yang lu denger tadi itu  suara emak gue, 60 tahun, single parent merangkap sekaligus sebagai orang tua berdarah dingin. Yang kadang ga ehlas kalo gue hidup tentram aman damai sentosa. Emak gue dulu nya pejuang , ga heran kalo ngebangunin gue udah kayak mau ngebantai satu lusin prajurit belanda dan sekitarnya.  Bapak gue ga tau dimana, kata emak gue dia dulu pergi ninggalin bini dan keluarganya wkt kami msh pada kecil. Jadi kalo lu Tanya ke gue siapa bapak gue, bapak gue ya emak gue itu. Tanpa jakun tentunya ya.

‘anak gadis bangun siang, mau jadi apa kamu ini susan…!!”

Ya elah emak, jadi anak gadis lah mak, memang mau jadi apa lagi. Ini juga gadisnya gadis-gadisan mak.  Fikir gue dalam hati.

Mau ga mau gue seret ni kaki ke kamar mandi, cuci muka dan kumur2. Aarghhhh masih pengen tidur, masih pengen ngorok, masih pengen mimpi ketemu sama yayangku rhoma irama.. yayangku bulunya lagi apa ya? Hahaha. Geli ih yayang.

“sholat subuh ga tadi ?” si mantan pejuang nanya sambil mata melirik sana sini, persis kayak nyari belanda ngumpet.

“sholat mak.”

“bohong, itu alat sholat kamu masih dikamar emak. “ emak gue keluar kamar, meninggalkan gw yang speechless karena ke-gep ngijang.  “ngaji mak haga, sekula mak haga. .” . dumelan nya masih kedengeran dari kamar. Huh.. tunggu kalo saya jadi bini yayang rhoma mak, ngaji khatam boalk balik juga saya jabanin deh. Suer aja mak.

minjak niku : bangun kamu.

ngaji mak haga, sekula mak haga: Ngaji ga mau, sekolah ga mau.

Advertisements

6 thoughts on “Kisah Midun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s