TIPS : AGAR SEMBAHYANG LEBIH KHUSYUK

 
Sembahyang adalah suatu bentuk kegiatan keagamaan yang menghendaki terjalinnya hubungan dengan Tuhan, dewa, roh atau kekuatan gaib yang dipuja, dengan melakukan kegiatan yang disengaja. Sembahyang dapat dilakukan secara bersama-sama atau perseorangan. Dalam beberapa tradisi agama, sembahyang dapat melibatkan nyanyian berupa hymne, tarian, pembacaan naskah agama dengan dinyanyikan atau disenandungkan, pernyataan formal kredo, atau ucapan spontan dari orang yang berdoa. (Source)
 

Tidak bermaksud menggurui, hanya saat jam istirahat tadi ide postingan ini muncul begitu saja di kepala. Setiap agama dan kepercayaan di dunia ini, memiliki ritual ibadahnya masing-masing. Ada yang dengan bahasa asli atau bahasa yang mereka gunakan sehari-hari.

Saya coba untuk sharing tips saat saya ibadah agar lebih khusyuk , tips ini sering saya lakukan karena terkadang sangat banyak sekali godaan yang membuat saya tidak fokus dalam beribadah. bukan berarti saya sudah berhasil khusyuk total, masih dalam proses mencoba. Langsung saja ya :

Menyadari Bahwa Kita Sedang Menghadap Tuhan
Jika menghadap Bos saja kita berusaha hormat, dan santun. Apalagi dengan yang menciptakan Bos seluruh Bos di dunia ? Super hormat, super beradab. Kita lakukan tata cara sebelum, saat dan setelah ibadah. Dalam Islam misalnya, berwudhu dengan air bersih dahulu sebelum memulai sholat, dalam Hindu mempersembahkan sesajen,  dan lain lainya.

Yakini di hati bahwa saat itu kita sedang melapor pada Penguasa paling tinggi, laporkan apa yang kita rasakan, ucapkan apa yang kita minta, dan minta ampunan atas kesalahan yang kita lakukan.

Coba Lupakan Segala Urusan
Ada hutang yang jatuh tempo? ada film box office mau tayang dan mau bbm teman ngajak nobar? kelaparan (oh ya,untuk ini usahakan ibadah dalam keadaan tidak lapar ya), dan berbagai macam urusan lain yang sudah kita fikirkan seharian , bahkan dalam mimpi masih terbawa-bawa.
Nah saat ibadah, usahakan sebisa mungkin kita tidak memikirkan siapa, bagaimana, dimana, kemana dan kalimat tanya lainnya. Kembali ke tips pertama, itu Tuhan yang sedang kamu temui.

Jangan Terburu-buru

Ibadahlah tepat waktu, misal kamu ibadah minggu, datang saat ibadah belum di mulai. Jangan terlalu lama menghabiskan waktu bersiap-siap ke gereja sehingga fikiran sudah corat marit saat tiba.

Sudah mepet, Marah sama macet, bensin habis, pecah ban, keringetan, capek, ngos-ngosan. Sampai gereja malah sudah awut-awutan fikiran, do’a sudah ngawur bahkan bisa mengganggu orang lain yang sedang mencoba fokus dalam ibadah.

Bagi yang sholat, usahakan sholat jangan saat mau habis waktu, misal : Jangan sholat dzuhur saat sudah mau mendekati adzan ashar sehingga gerakannya sudah seperti ninja menangkis serangan pisau terbang. Wadesing wadesing wadesing!! hap hap hap hap !

Cari Tempat Yang Mendukung Ibadah Sembahyang
Tempat sangat mendukung seberapa konsentrasinya kita dalam ibadah. Saat sedang di mall, terkadang tempat sholatnya sempit, kecil, kotor. Bahkan toiletnya lebih bagus dari musholanya. kalau bisa, sebelum berangkat sholat dulu dirumah atau keluar mall cari mushola yang lebih layak.
Oya, kalau ada teman yang sedang ibadah, kita jangan berisik di dekatnya. berbicara di tempat lain atau berbisik super bisik sih boleh, apalagi mengganggu dengan cara memancing agar ia tertawa dna mengulang ibadahnya tersebut. Kebetulan saya sering jadi korban sih. Hehehe.. Bagi sebagian orang mungkin bercanda, tapi sebenarnya kita sedang melakukan sebuah kesalahan lho.

 
Pakai Pakaian atau Perlengkapan Yang Tidak Mengganggu Konsentrasi
Misal kamu islam, gunakan sejadah yang tidak terlalu ramai. Polos lebih baik, supaya kamu bisa fokus melihat dan membaca doa. Bagi wanita juga , misalnya telekungnya jangan yang terlalu ramai dan gonjreng gonjreng mencolok perhatian.
Kalau ke gereja, pakai pakaian yang sopan dan rapih. jangan terlalu belel, atau seksi. Bisa-bisa yang melihat terpancing untuk berfikir “ampun belahan dadanya kelihatan..” , “gilak, ototnya kemana-mana”, atau ‘ni anak niat gak sih ke gereja, mau ibadah apa jadi preman pasar”.
Memang, semua tergantung otak yang melihat (kata mereka), mau bagaimanapun kalau mesum ya yang melihat mikirnya pasti jorok, Hmm bagaimana ya menjelaskannya? begini, masalah bagaimana otaknya itu biarkan dia yang urus. masalah kita mau pakai baju apapun itupun urusan pribadi. Tapi sebagai manusia, akan sangat manusiawi jika kita melihat sesuatu yang agak mengejutkan maka otomatis kita akan berfikir, berkata dalam hati, atau ngomong sama teman di sebelah. “arah jam sembilan, toge !”. Jadi usahakan kita tidak salah kostum.

Fahami artinya.
Ada beberapa teman-teman yang melaksanakan ibadah sholat/sembahyang tapi tidak tahu arti dari doa yang mereka panjatkan karena tidak berbahasa indonesia.Sehingga tujuan dari ibadah dan berdo’a itu sendiri menjadi semacam ritual asal dilakukan saja. Akan lebih baik lagi jika kita bisa mengetahui artinya agar ibadah dan berdoa lebih khusyuk.
Di  akhir postingan ini saya coba untuk mengumpulkan dari beberapa source mengenai arti dari do’a dalam ibadah sholat. Untuk yang beragama lain, Hindu misalnya, saya akan coba di lain kesempatan.

Sekian dulu sharing tips saya dalam beribadah, semoga berguna untuk yang membaca. (Ahyarxtotheo)

***

ARTI BEBERAPA BACAAN DALAM SHOLAT

Bacaan dalam ruku.
Subhaana rabbiyal ‘azhiimi wabihamdih
Maha Suci Tuhan Yang Maha Besar lagi Maha Terpuji.

Bacaan dalam  i’tidal.
Sami’allaahu liman hamidah, rabbanaa walakal hamdu.
Allah mendengar akan sesiapa yang memuji-Nya. Hai Tuhan kami, kepada Engkaulah segala pujian.

Bacaan dalam sujud.
Subhaana rabbiyal a’laa wabihamdih
Maha Suci Tuhan Yang Maha Tinggi lagi Maha Terpuji

Bacaan dalam duduk antara 2 sujud.
Rabbighfirlii warhamnii warfa’nii wajburnii warzuqnii wahdinii wa ‘aafinii wa’fu ‘annii
Ya Allah ! ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku, dan angkatlah darjatku dan cukuplah segala kekuranganku dan berilah rezeki kepadaku, dan berilah aku petunjuk dan sejahterakanlah aku dan berilah keampunan padaku.

Bacaan dalam tasyahud awal.
Attahiyyaatul mubaarakaatush sholawaatuth thayyibatul lillaah, Assalaamu’alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh, Assalaamu’alainaa wa’alaa ‘ibaadillaahish shaalihiin. Asyhadu allaa ilaaha illallaah, Waasyhadu anna Muhammadar rasuulullaah. Allahhumma sholli ‘alaa   Muhammad.

Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan bagi Allah, salam, rahmat, dan berkahNya kupanjatkan kepadamu wahai Nabi (Muhammad). Salam keselamatan semoga tetap untuk kami seluruh hamba yang shaleh-shaleh. Ya Allah aku bersumpah dan berjanji bahwa tiada ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau ya Allah, dan aku bersumpah dan berjanji sesungguhnya Nabi Muhammad adalah utusan-Mu Ya Allah. Ya Allah, limpahkan shalawat-Mu kepada Nabi Muhammad.

Bacaan tasyahud akhir dan doa.
Attahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thayyibatul lillaah, Assalaamu’alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh, Assalaamu’alainaa wa’alaa ‘ibaadillaahish shaalihiin. Asyhadu allaa ilaaha illallaah, Waasyhadu anna Muhammadar rasuulullaah. Allahhumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad, kamaa shallaita ‘alaa Ibraahim, wa ‘alaa aali Ibraahim. Wabaarik ‘alaa Muhammad, wa ‘alaa aali Muhammad, kamaa baarakta ‘alaa Ibraahim, wa ‘alaa aali Ibraahim. Fil ‘aalamiina innaka hamiidum majiid. Allaahumma innii a’uudzubika min ‘adzaabi jahannama wamin ‘adzaabil qabri wamin fitnatil mahyaa wamamaati wamin fitnatil masiihid dajjaal.

Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan bagi Allah, salam, rahmat, dan berkahNya kupanjatkan kepadamu wahai Nabi (Muhammad). Salam keselamatan semoga tetap untuk kami seluruh hamba yang shaleh-shaleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah! Limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad. “ Sebagimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. “ Diseluruh alam semesta Engkaulah yang terpuji, dan Maha Mulia.” Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa jahanam dan siksa kubur serta dari fitnah kehidupan dan kematian dan dari kejahatan fitnahnya dajal.

terimakasih untuk blog ini , ini, dan ini yang sudah jadi source saya.  Maaf jika ada kesalahan , saya mohon koreksinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s