SHE STRIKES AGAIN : PERNYATAAN PEDAS RATNA SARUMPAET KEPADA PRESIDEN DAN DPR 17 FEBRUARI 2015

Mengena sekali. Sangat mengena apa yang diucapkan oleh Ratna Sarumpaet, seorang Aktivis organisasi sosial  yang juga menggeluti dunia seni. Untuk yang ingin mengetahui profil lebih lengkap mengenai beliau bisa dibaca disini : sumber

Saya bukanlah pendukung Prabowo atau Jokowi, lagipula sudah lewat masa Pemilu yang penuh cacian satu sama lain antar pendukung baik yang bayaran atau tidak (dan dengan bangga saya bilang bahwa saya tidak ikut-ikutan). Yang saya ingin berbagi pada postingan kali ini adalah kalimat-kalimat Ratna Sarumpaet pada Indonesia lawyer club 17 Februari 2015 yang menohok, tapi benar apa adanya.  Berikut saya coba ketikan pernyataan beliau untuk teman-teman yang tidak bisa streaming video .

Mulai dari detik 0:20

Kemarin saya nonton sebuah film juduknya 2014, malam ini saya kepengen betul bicara kpd seluruh lembaga yg punya fungsi mengelola negara, dan saya ingin mereka nonton film itu. nontonlah. Judulnya 2014 dan saya rasa segera akan diputar, bukan, aku ga punya kepentingan dgn film itu. tapi kita smua punya kepentingan terutama pada penyelenggara negara. Supaya sadar bahwa rakyat bukan penonton.

Kalian itu digaji sama rakyat, kalian itu harus melayani rakyat. Jangan bikin dikusi diskusi aneh seperti ini lalu rakyat suruh nunggu. apa ini apa kita ga punya malu? tonton itu film supaya kalian bisa bercermin itulah Indonesia,

 

Supaya kalian bisa nangis sprti rakyat nangis menunggu kalian berunding berunding, bahas bahas, Come on! Mikirlah, Tuhan kasih kalian kesempatan memimpin, lakukan sesuatu yg baik, jangan malah bela ini bela itu. 

Mengerti apa? anda mengerti politik itu sejak kapan? ini Politik brengsek. Aku bukan ahli politik, tp aku punya common sense ,sensitifitas, empati pada kehidupan karena yg kalian kelola itu adalah kehidupan rakyat indonesia.

(RS menegur seorang pembicara yang wajahnya dizoomout, agak salah tingkah. Saya tidak masukkan disini, agar bisa fokus dalam benang merah yang dicoba disampaikan)

Saya sudah lama dengan teman2 saya di gerakan, saya mengatakan kita akan tiba di titik ini, titik paling konyol, tidak berwibawa, kehilangan harkat kehilangan harga diri, itulah Indonesia sekarang. Buat aku ,disini ini sekarang kita sudah tidak punya kepala negara, jangan manja-manja. Ga ada kepala negara, mana kepala negaranya? mondar mandir sana sini? “Oh ga usah jangan dibilang ragu”,. what? emang kita tolol? 

Jangan kalian membuat seolah bangsa atau negara ini tidak punya UU dan aturan. Kalian mau berpolitik merebut satu kedudukan, silahkan, tp begitu jd presiden or DPR or apapun, BUKA itu semua politik, buka. Dan jadilah pengabdi pada rakyat bangsa dan negara. Kalian itu digaji , dan rakyat itu menonton kelakuan kalian. Do something. 

Jangan-jangan anda juga tidak tau, drtd ngomong konstitusi. Konsitusi yng mana? yg sudah diacak2 itu? yang buat kt makin miskin itu? itukah konsitusi?  

Kalau ga ada gerakan yang kuat, terutama pada DPR itu, jangan main-main, ini juga aneh banget. DPR itu kontrol, bukan musuh. jadi kalau DPR menegur, harus didengar, jangan dibuat suasana semua politik, krn ketakutan2 politik. Tinggalkan politik, skrg jamannya bekerja, udah jadi presiden, kerja! jgn panggil2 apa saingannya Megawati lah, kemana? mana si Megawati coba? loh mana? kan kita semua mendengar, mulai dr media resmi sampai warung kopi kita udah tau bahwa kebingungan Presiden kita ini krn ada partai-partai pengusung dan pendukungnya. Ok sekarang kemana Megawati? emang kt gaji megawati utk nakut2in jokowi? mana itu siapa, Surya Paloh? ayo muncul ke permukaan, jangan berada di belakang. jangan2 ini fitnah,.  jangan-jangan bukan Megawati yang nuggangi, jangan2 memang jokowinya ada yg ga bisa. ya kan?

Jadi ngomong, ini negara milik bersama, bukan milik satu org, jgn merasa diri berhak mengatur Presiden yg ud ditetapkan.Suka atau tidak suka , dia Presiden.

Jangan diganggu2, suruh dia membuktikan mampu atau tidak. kalau hari ini menurut saya, kita tidak punya kepala negara. Nah apakah kepala negara ini krn dia tidak mampu atau dibuat tidak mampu oleh Penunggang2nya, aku enggak ngerti. tapi yang pasti negara ini dalam bahaya, kalo terus menerus, bangsa ini dlm bahaya, mau sampai kapan?

**

Sudah yah, jari tangan saya sudah keriting mengetik pernyataan beliau. Garis besarnya seperti itu, saya setuju dengan pendapat beliau. Hati nurani Penegak Hukum dan Wakil Rakyat yang sudah terkubur itu benar-benar harus digali sedalam-dalamnya, kita semua sedang berada di titik kritis. Semoga Tuhan lindungi Republik Indonesia dari kehancuran dan singkirkan penyakit di diri pemimpin-pemimpin yang dzalim. aamiin.

4 thoughts on “SHE STRIKES AGAIN : PERNYATAAN PEDAS RATNA SARUMPAET KEPADA PRESIDEN DAN DPR 17 FEBRUARI 2015

  1. Ummm kali ini saya setuju bgt sm ibu RS.
    Jujur sih saya empet bgt sm pemimpin di negeri ini.
    Dari awal pemilihan,saya jujur ogah memilih beliau dg berbagai pertimbangan trmsuk org2 diblkgnya yg skrg beneran terbukti
    Tapi herannya pendkungnya ga ada yg protes,masih tetap dibela dan dicinta..hikkssssa aku sediih
    Kok rakyat skrg diem?ini ada apa?!

Leave a Reply

